Monday 23 February 2009

Honda Jazz Beraliran Toyota Crown JDM
Handy Setiawan ini terbilang nekat sekali. Bayangkan, beli All New Honda Jazz 2008 bukannya dirasakan dulu, melainkan sedan hatchback seri RS itu langsung dibawa ke rumah modifikasi Autoline di Jl Arteri Kedoya, Jakarta Barat. "Pokoknya, tampilan Jazz saya harus beda dengan yang lain," ungkap Handy.
Untuk memenuhi ambisinya, Handy coba mencari-cari model yang cocok melalui dunia maya. Akhirnya ditemukan aliran racing style yang dipadu dengan Toyota Crown JDM sesuai keinginannya.
Yang dimauinya, desain bumper lebar dikombinasi dengan sudut tajam di kedua sisi yang sangat identik dengan Japan street car. "Air dam di bumper yang besar dan berbentuk V itu mencirikan besutan kencang," jelas Handy.

Image
Image

Agus, punggawa Autoline, tidak menemui kesulitan memenuhi selera Handy. Material yang diandalkan fiberglass dengan pembuatan moulding sesuai konsep awal. Pengerjaannya memakan waktu tiga minggu.
Akibat dari body custom, bumper memang terlihat rebah. Tampilan mobil malah jadi cingkrang lantaran si pemilik enggak mau memakai lowering kit. Agus harus putar otak agar velg Lenso Mesh 18 x 8 inci ini bisa mepet ke bibir fender. Akhirnya, dipakailah kondom pada over fender yang turun 3 cm dari fender aslinya dan mengikuti garis nut bumper depan.
Yang menarik, desain ujung knalpot berbentuk trapesium. Awalnya, bentuk bumper belakang eksotis ini lurus rata. Setelah melihat Crown JDM, bumper dicoak dan muffler pajangan ini disesuaikan kemiringannya sehingga tampak ekstrem.

Image
Image

Untuk menguatkan tampilan Jazz penganut racing style ini, tutup mesin dibuat dari bahan karbon, termasuk diffuser, gril, sampai sayap belakang. Bodi berkelir putih dikasih stiker striping. "Warna kombinasi merah, putih, dan hitam membuat visualisasi lebih mantap," tegas Handy.
Selain bodi, interior pun dibikin senada, seperti jok standar diganti model semi-bucket dari Recaro. Kelir asli hitam dibungkus dengan red blood dari bahan yang sama. Lantas dasbor juga dibikin motif carbon fiber plus ada motif putih yang pakai printing.
Sementara ruang bagasi disulap jadi tempat perangkat audio Racikan Idola Audio dan mampu menghasilkan dentuman sampai 145 Db. Handy mengaku ini belum full.*

No comments:

Post a Comment